Spesifikasi dan Review dari Toyota Fortuner 2021

Toyota Fortuner ini diluncurkan sekitar tahun 2005 lalu. Toyota fortuner ini menjadi salah satu primadona yang bisa memperkuat persaingan pada segmen mobil Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia.

Mobil ini juga memiliki tampilan eksterior yang begitu gagah, sehingga sangat cocok jika dibawa berkendara di berbagai medan dengan sangat nyaman. Bahkan, berdasarkan data penjualan, Toyota Fortuner ini berhasil merebut posisi sebagai pemimpin pasar mobil SUV di tahun 2015.

Toyota Fortuner ini hadir sengan pembaruan yang menyeluruh pada bagian interior dan eksterior yang mengusung konsep ‘stylish and confidence’ serta tema ‘leading the world’ dengan awalan All New.

Toyota Fortuner ini hadir dengan desain ‘new tough and bold design’. Desain lampunya sendiri terlihat lebih ramping dan ada terlihat adanya perubahan pada aksesoris bodinya.

Di Indonesia sendiri, Fortuner terbaru memiliki dia pilihan mesin yang berbeda, diantaranya adalah mesin berkode 2TR dual VVT-I dengan bensin yang berkapasitas 2,7 liter, dan mesin 2GD-FTV diesel yang berkapasitas 2,4 liter.

Toyota Fortuner terbaru ini juga memiliki dua tipe, yakni Toyota Fortuner tipe VRZ dan SRZ yang bisa membuat line-up Fortuner tipe G menjadi lebih lengkap. Perpaduan antara mesin yang bertenaga, dan desain interior maupun eksterior yang elegan.

Spesifikasi Toyota Fortuner

Spesifikasi dari Toyota Fortuner ini cukup beragam dan lengkap, sehingga mobil ini bisa menjadi salah satu mobil yang cukup populer di masyarakat.

Dimensi Toyota Fortuner 2021

  • Toyota Fortuner ini memiliki dimensi yang cukup bongsor atau besar. Mobil ini memenuhi kriteria sebagai mobil SUV yang bisa dibawa untuk melewati berbagai medan.
  • Toyota Fortuner ini juga memiliki ukuran panjang 4.795 mm, lebar 1.855, serta tinggi 1.835. Selain itu, Fortuner ini memiliki suspensi yang cukup berkelas, yakni Double Wishbone dengan Koil Spring and Stabilizer pada bagian depan serta suspensi bersistem 4-link dengan lateral pada bagian belakangnya.

Kombinasi dua suspensi tersebut pada Fortuner terbaru dapat memberikan performa yang lebih maksimal dalam berkendara. Sementara itu, pada bagian kaki-kakinya itu terlihat lebih gagah dengan velg berukuran 18 inci serta ban yang berukuran 265/60. Namun, ukuran ini hanya terdapat pada tipe VRZ dan SRZ.

Mesin dan Performa

  • Untuk dapur pacunya sendiri, Toyota Fortuner ini hadir dengan dua pilihan mesin, yakni mesin diesel 2.4L VNT berkapasitas 2.393 cc dan mesin bensin 2.7L dual VVT-I yang berkapasitas 2.694 cc.
  • Sementara itu, untuk mesin dieselnya semdiri mengahsilkan tenaga maksimum sebesar 149,6 ps pada putaran 3.400 rpm torsi puncak 40,81 Kgm pada putaran 1.600 hingga 2.00 rpm.
  • Untuk bagian mesin bensinnya, mobil ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 163 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi 24,7 Kgm pada putaran 4.000 rpm.

Perbedaan lain yang ada pada mobil ini adalah mesin diesel Fortunernya disematkan suplai bahan bakar Common Rail Type, sementara untuk mesin bensinmya telang menggunakan sistem suplai bahan bakar Fuel Injection.

Toyota Fortuner ini menawarkan beberapa varian, yakni Fortuner dengan mesin bensin serta diesel yang berpenggerak 4×4 atau 4×2. Selain itu, mesin diesel yang berkode GD ini memiliki teknologi pembaruan yang diklaim mampu menghasilkam tenaga yang optimal namun tetap irit bahan bakar.

Eksterior Toyota Fortuner

Jika dilihat dari eksteriornya, terdapat banyak pembaruan jika dibandingkan dengan model lamanya. Dengan mengusung konsep desain ‘stylish and confidence’, mobil Fortuner ini hadir dengan tampilan yang lebih premium.

Hal ini bisa kamu lihat pada lekukan bodi dan konsep grip yang terlihat lebih fresh. Selain itu, fog lampnya terlihat lebih elegan. Dan lampu depannya hadir dengan desain headlamp berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector yang jauh lebih ramping.

  • Headlampnya sudah terintegrasi dengan DRL dan Auto Leveling yang tidak membuat mata pengendara lain silau.
  • Selain itu, headlamp ini juga hadir dengan desain prominent front grille yang dipadukan dengan fog lamp.
  • Sementara pada bagian samping mobil Fortuner ini terlihat lebih maskulin dengan model kaca menyipit ke arah belakang.
  • Bagian belakang mobilnya dirancang dengan LED tail light model baru khas mobil Fortuner model lama.
  • Ditambah lagi dengan power back doot yang bisa terbuka dan tertutup secara otomatis hanya melalui tombol saja.

Interior Toyota Fortuner

  • Toyota Fortuner juga menghadirkan interior generasi terbaru.
  • Dasbornya sendiri tampil dengan paduan material dan penataan panel yang lebih baik.
  • Kabin berdesain warna gelap dengan beberapa instrumen panel yang begitu harmonis.
  • Pada setir kemudinya disematkan fitur steering switch, paddle shift, and sequential, rear diff lock, power mode, serta fitur paddle shift yang tentunya skan menambah nyaman berkendara.
  • Selain itu, mobil Fortuner ini juga sudah memiliki konsol meter baru berukuran 4,2 inci TFT color yang bisa menampilkan informasi melalui MID secara informatif.